Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

Secara umum, Pengertian Biosfer adalah suatu lapisan lingkungan habitat suatu makhluk hidup yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, serta atmosfer. Menurut ilmu Biologi, pengertian biosfer adalah suatu lapisan Bumi yang di dalamnya itu terdapat suatu kehidupan bumi. Menurut Ilmu Geografi Biosfer, adalah suatu lapisan tempat tinggal makhluk hidup /seluruh ruang hidup yang ditempati organisme. Secara etimologi biosfer, berasal dari dua kata yakni bio yang berartikan makhluk hidup serta sphere yang berartikan suatu lapisan. Jadi menurut etimologi biosfer adalah suatu lapisan kehidupan (flora serta fauna).

Dalam pengertian biosfer yang lebih luas menurut Geofisiologi, Biosfer adalah suatu sistem ekologis global yang menyatukan semua makhluk hidup dan juga hubungan antar mereka, termasuk didalamnya interaksi dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), serta juga atmosfer (udara) Bumi. Biosfer tersebut diperkirakan sudah berlangsung di bumi selama 3,5 milliar tahun dari 4,5 milliar tahun bumi.
Pengertian Biosfer
Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah Definisi biosfer yang dikemukakan menurut para ahli :

1. Pengertian biosfer menurut Vladimir wanouich veinadsky : Biosfer merupakan sebuah sistem terbuka serta berkembang sejak dimulainya sejarah bumi.

2. Pengertian biosfer Jhon Wiley: , biosfer merupakan suatu zona dari planet bumi dimana kehidupan tersebut terjadi dengan secara alami, diperluas dari lapisan bumi ialah dengan atmosfer yang lebih rendah.

3. Pengertian biosfer Michael Allaby: biosfer adalah suatu bagian lingkungan hidup organisme yang ditemukan serta mereka berinteraksi dengan membentuk sistem kelompok yang stabil, efektif untuk keseluruhan ekosistem pada planet.

4. Pengertian biosfer Eduard Suess: seorang ahli geoglogi di austria pada tahun 1875 yang menggemukakan bahwa pengertian biosfer adalah suatu tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan itu berdiam.

5. Pengertian biosfer James Lovelock: pengertian biosfer adalah suatu organisme hidup, yang disebut ialah sebagai hipotesa gaia. Hipotesa gaia tersebut menjelaskan bagaimana faktor abiotik serta biotik berinteraksi dalam suatu lingkungan

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli"

Post a Comment