Pengertian Biologi Sel Molekuler

Biologi molekuler adalah ilmu yang mempelajari kehidupan pada tingkat atom dan molekul. Anggaplah, misalnya, yang ingin memahami sebanyak mungkin tentang cacing tanah. Pada satu tingkat, adalah mungkin untuk menggambarkan karakteristik yang jelas dari worm, termasuk ukuran, bentuk, warna, berat badan, makanan yg makan, dan cara mereproduksi.

Dulu, bagaimanapun, ahli biologi menemukan bahwa pemahaman dasar lebih organisme dapat diperoleh dengan mempelajari sel-sel yang organisme yang dibuat. Mereka bisa mengidentifikasi struktur sel-sel yang dibuat, sel-sel cara mengubah, zat yang dibutuhkan oleh sel untuk bertahan hidup, produk yang dibuat oleh sel, dan karakteristik selular lainnya.

Biologi molekuler mengambil analisis ini hidup satu langkah lebih jauh. Ia mencoba untuk mempelajari molekul yang organisme hidup dibuat dalam banyak cara yang sama bahwa ahli kimia mempelajari jenis lain molekul. Sebagai contoh, mereka mencoba untuk mengetahui struktur kimia molekul ini dan cara struktur ini berubah selama berbagai proses kehidupan, seperti reproduksi dan pertumbuhan. Dalam penelitian mereka, ahli biologi molekuler menggunakan ide-ide dan alat-alat dari berbagai ilmu yang berbeda, termasuk kimia, biologi, dan fisika.
Pengertian Biologi Sel Molekuler
Pengertian Biologi Sel Molekuler

DogmaCentral
Prinsip utama yang mendominasi biologi molekuler dikenal sebagai Dogma Central. (A dogma adalah kepercayaan didirikan.) The Central Dogma didasarkan pada dua fakta. Fakta pertama adalah bahwa pemain kunci dalam cara sel apapun beroperasi adalah protein. Protein sangat besar, molekul kompleks yang terbuat dari unit yang lebih kecil dikenal sebagai asam amino. Sebuah protein khas mungkin terdiri, sebagai contoh, dari beberapa ribu molekul asam amino bergabung ke setiap akhir end-to-lain. Protein memainkan sejumlah peran dalam sel. Mereka adalah blok bangunan dari mana struktur sel yang dibuat; mereka bertindak sebagai hormon (pembawa pesan kimiawi) yang menyampaikan pesan dari satu bagian sel yang lain atau dari satu sel ke sel lain; dan mereka bertindak sebagai enzim, senyawa yang mempercepat tingkat di mana reaksi kimia terjadi dalam sel.

Fakta dasar kedua adalah bahwa protein yang dibangun dalam sel berdasarkan rencana induk disimpan dalam molekul yang dikenal sebagai asam deoksiribonukleat (DNA) hadir dalam inti sel. Molekul DNA terdiri dari rantai yang sangat panjang unit yang dikenal sebagai nukleotida bergabung ke setiap akhir end-to-lain. Urutan di mana nukleotida disusun bertindak sebagai semacam kode yang memberitahu sel apa protein untuk membuat dan bagaimana membuat mereka.

Bagian-bagian untuk Tahu
Asam Amino: Suatu senyawa organik dari mana protein dibuat.
Sel: Unit dasar dari organisme hidup; Sel-sel yang terstruktur untuk melakukan fungsi yang sangat khusus.
Sitoplasma: Substansi setengah cair dari sel yang berisi organel dan tertutup oleh membran sel.
DNA (deoxyribonucleic acid): Materi genetik dalam inti sel yang berisi informasi untuk pengembangan organisme.
Enzim: Setiap berbagai protein kompleks yang diproduksi oleh sel-sel hidup dan memicu reaksi biokimia tertentu.
Hormon: Sebuah kimia yang diproduksi dalam sel-sel yang dibawa oleh darah ke organ dan jaringan di bagian yang jauh dari tubuh, di mana ia mengatur aktivitas seluler hidup.
Nukleotida: Sebuah unit yang molekul DNA yang dibuat.
Protein: Sebuah senyawa kimia kompleks yang terdiri dari banyak asam amino melekat satu sama lain yang penting untuk struktur dan fungsi semua sel hidup.
Ribosom: struktur kecil dalam sel di mana protein diproduksi.
The Central Dogma, maka, sangat sederhana dan dapat dinyatakan sebagai berikut:
DNA → mRNA → protein

Apa persamaan ini mengatakan dalam kata-kata adalah bahwa kode yang tersimpan dalam molekul DNA di dalam inti sel yang pertama kali ditulis dalam jenis lain molekul yang dikenal sebagai utusan asam ribonukleat (mRNA). Setelah mereka dibangun, molekul mRNA meninggalkan inti dan perjalanan dari inti ke dalam sitoplasma sel. Mereka melampirkan sendiri ke ribosom, struktur di dalam sitoplasma dimana produksi protein berlangsung. Asam amino yang ada berlimpah dalam sitoplasma kemudian dibawa ke ribosom oleh jenis lain dari RNA, RNA transfer (tRNA), di mana mereka digunakan untuk membangun molekul protein baru. Molekul-molekul ini memiliki struktur ditentukan oleh molekul mRNA yang, pada gilirannya, memiliki struktur awalnya ditentukan oleh molekul DNA.

Signifikansi biologi molekuler
Perkembangan biologi molekuler telah memberikan cara baru dan benar-benar berbeda dari pemahaman organisme hidup. Kita sekarang tahu, misalnya, bahwa fungsi sebuah Melakukan sel dapat digambarkan dalam istilah kimia. Misalkan kita tahu bahwa sel membuat rambut merah. Apa yang kita pelajari adalah bahwa alasan sel membuat rambut merah adalah bahwa molekul DNA pada intinya membawa pesan berkode untuk merah-rambut-keputusan. Bahwa pesan kode lolos dari DNA sel untuk yang mRNA. The mRNA kemudian mengarahkan produksi protein merah rambut.

Hal yang sama dapat dikatakan untuk fungsi sel. Mungkin sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi antibodi terhadap infeksi, atau untuk membuat hormon insulin, atau merakit hormon seks. Semua fungsi sel ini dapat ditetapkan sebagai seperangkat reaksi kimia.

Tetapi sekali fakta bahwa telah terealisasi, maka manusia memiliki cara baru yang menarik berurusan dengan organisme hidup. Jika arsitek master fungsi sel adalah molekul kimia (DNA), maka molekul yang dapat diubah, seperti molekul kimia lainnya. Jika dan ketika itu terjadi, fungsi yang dilakukan oleh sel juga berubah. Untuk alasan ini, perkembangan biologi molekuler dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu revolusi terbesar dalam sejarah ilmu pengetahuan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian Biologi Sel Molekuler"

Post a Comment