Pengertian Besaran fisika (Besaran Pokok Dan Besaran Turunan)

Pengertian Besaran fisika adalah ukuran fisis suatu benda yang dinyatakan secara kuantitas. Sedangkan pengukuran adalah kegiatan mengukur sesuatu, dengan bantuan alat ukur.

Contohnya : Suatu saat, kita diminta ibu untuk membeli beras di warung ibu meminta kita untuk membeli 1/2 kg beras. Pak penjual kemudian menimbang beras yang ingin kita beli dengan timbangan hingga didapat beras 1/2 kg seperti yang ibu mau. 1/2 kg beras adalah termasuk salah satu besaran fisika, besaran yang lainnya adalah, tinggi badan, berat badan, dan lain-lain. segangkan kegiatan untuk mendapatkan tinggi badan, berat badan dll di namakan pengukuran.

Dalam FISIKA besaran dibedakan menjadi 3, tapi untuk pembelajaran di SMP hanya akan diajarkan dua yaitu Besaran pokok dan Besaran turunan, besaran yang satunya lagi dinamakan besaran additional, yang mungkin baru akan kalian dapatkan jika kalian melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Makanya kalian harus rajin belajar biar bisa trus melanjutkan sekolah.

A. Besaran Pokok 
Besaran Pokok adalah besaran yang sudah ditetapkan terlebih dahulu oleh para penemunya pada zaman dahulu. Besaran Pokok bisa juga dikatakan sebagai besaran dasar, karea ian merupakan dasar dari besaranbesaran sejanjutnya. Berikut adalah macam besaran pokok, beserta satuannya dibedakan dengan satuan MKS atau CGS : 1. Panjang, dalam satuan meter (m) atau centimeter (cm) 2. Massa, dalam kilogram (kg) atau gram (g) 3. Waktu, dalam detik (s) 4. Suhu, dalam kelvin (K) 5. Kuat arus listrik, dalam ampere (A) atau stat ampere (statA) 6. Intensitas cahaya, dalam candela (Cd) 7. Jumlah zat, dalam kilo mol (kmol) atau mol (mol)
Pengertian Besaran fisika (Besaran Pokok Dan Besaran Turunan)
Besaran Turunan
B. Besaran Turunan 
Besaran turunan merupakan besaran yang dijabarkan dari besaranbesaran pokok. Besaran turunan bermacam-macam bentuknya, berikut ini diantaranya:
1. Luas = Panjang × Lebar, satuannya (m³)
2. Volume = Panjang × Lebar × Tinggi, satuannya (m²)
3. Massa jenis = Massa : Volume, satuannya (kg/m³)
4. Kecepatan = Perpindahan : Waktu, satuannya (m/s)
5. Kercepatan = Kecepatan : Waktu, satuannya (m/s²)
6. Gaya = Massa × Percepatan, satuannya newton (N) = kg.m/s²
7. Usaha = Gaya × Perpindahan joule, satuannya (J) = kg.m²/s²
8. Daya = Usaha : Waktu watt, satuannya
9. Tekanan = Gaya : Luas pascal, satuannya (Pa) = N/m²
10. Momentum = Massa × Kecepatan, satuannya (kg.m/s).

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian Besaran fisika (Besaran Pokok Dan Besaran Turunan)"

Post a Comment