CABANG CABANG SENI DAN PENGERTIANNYA

Di lingkungan masyarakat, proses penciptaan seni dapat digolongkan menjadi lima cabang sebagai berikut.

a. Seni Rupa
Seni Rupa merupakan cabang seni yang umum disebut dengan seni visual. Hal ini disebabkan seni rupa berwujud bentuk-bentuk yang divisualisasikan melalui indra penglihatan (garis, bidang, warna, ruang, gelap, dan terang). 

b. Seni Musik
Istilah musik berasal dari bahasa Yunani, mousikos. Kata ini diambil dari nama salah satu dewa Yunani yang bernama mousikos. Mousikos dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan. Musik dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian.
CABANG CABANG SENI DAN PENGERTIANNYA

Ungkapan yang dihasilkan melalui suara manusia disebut vokal, sedangkan ungkapan dihasilkan melalui alat musik disebut instrumental.

c. Seni Tari
Seni Tari adalah seni yang dihasilkan gerak, mimik, dan tingkah laku seseorang yang indah. Tarian diringi musik pengiring agar gerakannya menarik dan enak dipandang.

d. Seni Sastra
Kesusastraan berasa dari bahasa Sanskerta, suasastra. Su berarti baik dan sastra berarti buku. Jadi, kesusastraan berarti tulisan yang mempunyai bahasa indah dan baik.

e. Seni Drama
Drama berasal dari kata Yunani, dramas yang berarti perbuatan atau pertunjukan perikehidupan seseorang. Drama ialah seni pertunjukan yang disajikan di atas pentas.

Sekian yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian dan jenis seni secara lengkap,mudah dan dari sumber tepercaya. Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "CABANG CABANG SENI DAN PENGERTIANNYA"

Post a Comment