Pengertian Bisnis Secara Umum

Bisnis merupakan salah satu kegiatan di bidang ekonomi. Istilah ekonomi di sini mengandung pengertian yang dapat dilihat dari:

a. Berdasarkan sudut pandang individual, Ekonomi adalah segala tingkah laku manusia dalam hal memenuhi kebutuhan hidupnya.

b. Berdasarkan sudut padang dunia usaha, Ekonomi adalah segala tingkah laku manusia dalam rangka menciptakan pendapatan.

c. Bardasarkan sudut pandang pemerintah atau sacara makro, Ekonomi adalah segala tingkah laku manusia dalam rangka mencapai kemakmuran.

Perekonomian ada berbagai macam yang umumnya di setiap negara menggunakan sistem perekonomian yang berbeda. Adapun bentuk sistem perekonomian di dunia terdiri dari:
Pengertian Bisnis Secara Umum
Pengertian Bisnis Secara Umum

a. Kapitalisme
Dalam sistem ini, seseorang bebas untuk memiliki kekayaan, perusahaan, bersaing secara bebas dalam pasar, dan menentukan miliknya kemudian. Hubungannya dengan pasar, bahwa seseorang bebas memilih dan membuat barang dan jasa yang diinginkan.

b. Sosialisme
Seseorang relatif bebas untuk memilih tempat yang diinginkan, tapi pemerintah ikut campur tangan dengan berusaha menyesuaikan kebutuhan individu kepada kebutuhan masyarakat. Dalam pemerintahan sosialis, jika perusahaan dianggap penting untuk mendukung perekonomian bangsa dan kebutuhan dapat dipenuhi dengan lebih efisien, maka pemerintah dapat ikut ambil bagian atau memasuki dunia industri dengan bertindak sebagai pemilik.

c. Fasisme
Seseorang bebas memilih tempat yang diinginkan atas persetujuan pemerintah. Umumnya sistem ini bersifat dictator karena industri dikuasai oleh pemerintah.

d. Komunisme
Semua pekerjaan ditentukan oleh Negara dan setiap orang bekerja untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan. Semua bisnis, jenis, dan penggunaan alat apa saja ditentukan oleh pemerintah.

e. Pancasila
Semua kegiatan yang memiliki dasar pertimbangan dan pemikiran dari kelima sila yang ada dalam Pancasila.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian Bisnis Secara Umum"

Post a Comment